On Wed, Aug 27, 2008 at 05:20:43AM +0000, Budy Wuysang wrote:
> -----BEGIN ORIGINAL MESSAGE-----
> Rasyid wrote:
>
> sorry jo..maksud login di squid gmn? apa tiap user yg bisa net harus
> login? bisa diperjelas
>
> -----END ORIGINAL MESSAGE-----
>
> Iya setiap user harus punya account di proxy server, tapi inipun punya
> kelemahan dimana user bisa ngasih login/passwordnya ke user lain. Kalo
> dikombinasikan degan login+ip atau login+mac addr akan lebih sulit ditembus.

Saya dulu pernah buat autentikasi untuk akses internet. Sekarang masih
dipakai di sebuah CV. Aplikasi client - server pakai perl, di sisi user
karena pakai windows saya buat aplikasinya pakai delphi, hanya untuk
login dan logout. Autentikasi pakai user sistem, tapi bisa juga pakai
mysql, tinggal ubah coding di script perl saja.

Kelemahannya adalah jika komputer user ngehang, sesinya tercatat on jadi
buat cronjob untuk men-diskonek user tsb. Dan jika saat download
berjalan user logout, proses nya masih jalan terus.

Yang penting scriptnya berfungsi dan tdk ada keluhan :-) meski codingnya
agak ruwet dan banyak script2 kecil pendukung.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~