ok mas saya sdh rubah run level defaultnya menjadi mode text
sekedar sharing
caranya adalah : http://hendrowicaksono.multiply.com/journal/item/27
thank's for mas Hendro
Memory saya jd berubah cukup signifikan (dari tinggal 14-20 Mb menjadi 600 mb)

1.cari file gdm ls -al /etc/rc3.d |grep gdm di ubuntu HH file ada di
/etc/rc3.d/S30gdm
2.pindahkan ke directory lain misal /usr/source -> mv
/etc/rc3.d/S30gdm /usr/source/S30gdm
3.Buat file inittab (karena di ubuntu tdk di temukan) vim
/etc/inittab/ isi dg -> id:3:initdefault:
4.chmod 777 /etc/inittab
5.Restart pc anda.login default bukan lagi xwindows.

Silahkan dikoreksi klo ada yg salah.