Rekan-rekan pengguna Linux,

Ada yg bisa bantu saya caranya nge-route berdasarkan port?

Kasusnya begini:

Saya punya 2 koneksi di kantor: intranet dan Speedy. Keduanya ingin saya
gunakan secara bersama-sama. Yg intranet untuk email (port 110 & 25) dan ftp
(port 21) saja, kalo mo buka yang lain misalnya web (port 80) lewat speedy.

Gateway ke intranet adalah sebuah router Cisco dengan IP 192.168.100.1
sedangkan gateway ke speedy sebuah router/modem ADSL Sanex dengan IP
192.168.101.1

Untuk gateway LAN saya punya Fedora dengan 3 NIC, eth0 192.168.100.2 dan eth1
192.168.101.2 dan eth2 192.168.102.2

LAN saya menggunakan blok IP 192.168.102.0/24 dengan gateway disetting ke
192.168.102.2 (eth2 dari Fedora Linux).

Dengan konfigurasi seperti ini, bisa tidak PC user diarahkan ke intranet jika
ingin membuka email dan diarahkan ke speedy jika ingin surfing.

Mohon bantuan rekan-rekan pengguna Linux sekalian,

Thanks,
Jayadi