Pada Fri, 24 Oct 2008 23:00:05 +0800
"Asri Rachman" <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

Pada 23 Oktober 2008 15:22, Agi Subagio <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
saya ada pc pakai linux opensuse 10.2 dan mau dipindahkan
datanya ke harddisk external.
begitu saya liat folder2nya, ada yg berubah menjadi file.
gimana cara mengembalikan folder yg berubah menjadi file tsb,
soalnya ada data2 penting di dalamnya?
saya menggunakan EXT3.
maksudnya jadi file gimana ya ?
lihatnya dari mana ?
pake konqueror dan console.

ceritanya gini: pc itu dimatiin kemudian dipindahkan ke lokasi
lain utk dikopikan datanya.
tapi begitu dinyalakan lagi, folder2 tadinya ada di homedir user
tsb berubah menjadi file.
misalkan ada folder dg nama 1-9-07, tapi kemudian jadi file dg
nama 1-9-07. sebelumnya di dalam folder tsb ada file juga.
sudah dicoba pake R-Linux versi 3, tetap gak ketemu jg.

apakah emang begitu sifatnya EXT3 yah? kalau folder berubah modus
menjadi file tidak bisa direcover lagi?
apa bukan karena virus ?

Coba anda booting via HDD yg ingin diselamatkan datanya, alias
gunakan open-suse 10.2 anda untuk boot OS nya. Setelah itu
baru kopikan ke HDD yg baru.

setelah mencoba menggandeng harddisk ini di opensuse lain dan mencoba me-recover datanya menggunakan R-Linux versi 3, tetap tidak berhasil.
kesimpulannya: data tidak dapat dikembalikan lagi... hiks...

tampaknya bukan karena virus, karena folder tsb tidak disharing lewat samba.