On 11/13/08, daliman sastrowardoyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Terima kasih atas tanggapannya.. :)

> Kalau menurut pemahaman saya sih ini adalah program untuk cache/proxy
> yang mereplikasi website terakses di lokal supaya akses selanjutnya
> atau dr client lain bisa jauh lebih cepat.
> Jadi tidak ada hubungannya dengan distro yg berbeda2,

Http-replicator tidak mengambil web content biasa, yang dilakukan oleh
(misal) Squid, tapi paket-paket aplikasi suatu distro sesuai dengan
tree repository distro tersebut. Konsep ini dimanfaatkan untuk
mencegah duplikasi proses download ke Internet, cukup 1 kali download,
yang lainnya tinggal mengambilnya dari komputer
router/proxy/http-replicator server secara "transparent".

Maaf, apabila saya kurang tepat dan jelas dalam bertanya,

Akan saya tambahkan lagi contoh implementasi Http-replicator di 2
distro yang pernah saya coba:

Gentoo:
http://209.85.175.104/search?hl=en&q=cache%3Agentoo-wiki.com/HOWTO_Download_Cache_for_LAN-Http-Replicator

Ubuntu: https://help.ubuntu.com/community/HttpReplicator

Klo kita punya salah satu keluarga distro di atas sih jadi aman, tapi
bagaimana klo banyak distro? tidak terbayang berapa cost bandwidth
yang terbuang.. :(

*maaf apabila skema gambar-ya jadi berantakan, ada yg dgn senang hati
memperbaikinya? :)*

Regards,
Andi S.
--