yassir hardhani wrote:
saya mau tanya, distro apa ya yang bisa membuat ethernet card dengan
chip sis 191 langsung berfungsi dengan benar. saya sudah coba ubuntu
8.04, bisa terdeteksi tapi koneksi ke jaringannya tidak bisa. saya
cari di google bahkan dengan ubuntu 8.10 juga tampaknya masih belum
benar.

--
==============
OUYM LGO STP

Distro apapun tidak akan berpengaruh, karena masalah Hardware adanya di kernel. Kernel Linux urusan kernel.org :=)) semua driver yang sudah disumbangkan ke kernel Linux akan di-integrasikan ke kernel oleh para pengembang dan penjaga gawang kernel.

Saya juga heran dengan sis191, sudah demikian lama tidak juga terintegrasi ke kernel Linux. Dibawah ini dengan kernel standar hardy heron.

Problem kartu jaringan anda terdapat pada ISA BRIDGE identificator yang berbeda antara kernel dengan "kenyataan", langkah yang musti anda lakukan setelah menginstall linux, cek dengan : lspci -nn

punya saya menghasilkan sbb

00:19.0 Ethernet controller [0200]: Intel Corporation 82566MM Gigabit Network Connection [8086:1049] (rev 03)

angka dibelakang [8086:1049] 1049 itu adalah bridge yang menghubungkan kartu anda dengan motherboard.

disini anda "terpaksa" membangun modul sendiri atau tepatnya memodifikasi modul karena kernel Linux juga sudah mengandung modul sis tapi versinya sis190.

cek drivers anda :
$ ls /lib/modules/2.6.24-21-generic/kernel/drivers/net/

catatan : saya menggunakan kernel 2.6.24-21-generic. silahkan sesuaikan dengan kernel anda. Kalo pakai itrepid kernelnya 2.6.27-*(+minor version)

selanjutnya donlot kernel source sesuai kernel anda (misal 2.6.24). Nah ini masalahnya, bagaimana mau donlot kernel lha konek internet tidak bisa :=)), kalo anda punya koneksi lain (wifi, modem atau apapun yang bisa konek i-net), atau ke warnet dan donlot kernel source sesuai kernel anda :=))

setelah di-uncompress (kernel source biasanya dicompress dengan *.tar.bz2)

$ tar -xjf *versi-kernel-source

edit source kernel
(folder kernel source versi anda)/drivers/net/sis190.c

cari baris ini
isa_bridge = pci_find_device(0x1039, 0x0965, isa_bridge);

ganti angka 0x0965 dengan hasil lspci -nn di ethernet anda.

save

lakukan

$ make oldconfig

$ make modules

$ make /drivers/net/sis190.ko

$ sudo insmod /drivers/net/sis190.ko

cek dengan

$ dmesg

kalo gagal posting lagi ke milis ini :=))

salam
./sts