udah berhasil install linux setelah saya ganti hdd dari sata ke ide..
atas saran pa yoza saya ganti jadi sata AHCI juga berhasil dengan HDD
Sata.. sekarang lagi oprek2 lan cardnya dah ada yang bahas seh realtek
8111c lagi coba2 thanks... btw command tuk liat spek komp di linux
paan ya.. atau mo liat performence hardware di linux...