Tay,Jc wrote:
> Selamat Pagi,
>
> Saya pengguna baru untuk linux.
>
> Saya menggunakan Ubuntu 8.10. dan saya mengalami masalah pertama di Linux
> saya seperti berikut:
>
> 1. Saya coba menginstalasi Open Office 3.0, tapi kelihatan nya gagal.
>
> 2. Saya dapat cara instal nya dari website. Di mana harus uninstall Open
> office 2.4 terlebih dahulu.
>
> 3. Setelah uninstal 2.4, saya tidak suksess untuk menginstal Office 3.0.
>
> 4. Sekarang saya mala justru sama sekali kehilangan 2.4 dan tak dapat 3.0.

> [...]

Cara terbaik dan termudah menginstall aplikasi di ubuntu adalah
menggunakan Synaptic. Jalankan  melalui System > Administration >
Synaptic Package Manager.

Lewat Synaptic, cari semua paket openoffice yang ada, lalu lakukan
Complete Removal (tinggal klik kanan).

Setelah semua openoffice diremove, tambahkan repositori untuk openoffice
3 lewat synaptic pada menu Settings > Repositories, pilih tab
Third-Party Software, tekan tombol Add, masukkan :

deb http://ppa.launchpad.net/openoffice-pkgs/ubuntu intrepid main

Setelah itu klik tombol reload. Paket OpenOffice.org 3 sekarang akan
muncul di list paket synaptic dan siap untuk di-install.

Lain kali sewaktu ingin menginstall aplikasi, usahakan cari
repositorinya, sehingga bisa diinstall lewat synaptic. Kalau tidak/belum
ada repositorinya, download file .deb-nya sehingga bisa langsung
diinstall lewat GDebi. Jalan terakhir kalau belum ada file .deb, baru
install format rpm atau source-nya. Pastikan membaca file README dan
cara Install yang disertakan terlebih dahulu, sehingga bisa tahu apa
saja yang diperlukan, dan cara untuk menguninstallnya jika sudah tidak
dibutuhkan.

Selamat menggunakan Ubuntu :)

--
Donny Kurnia