Masim "Vavai" Sugianto wrote:
> [...]
> yang mengatur domain mas yang memiliki mx dan a record yang mencakup
> keduanya.
>
> Contoh DNS (IP addres adalah ip address palsu) :
>
> $TTL 2D
> @               IN SOA          vavai.vavai.com.
> admin.vavai.vavai.com. (
>                                 2008121500      ; serial
>                                 3H              ; refresh
>                                 1H              ; retry
>                                 1W              ; expiry
>                                 1D )            ; minimum
>
> vavai.com.      IN MX           0 mx1.vavai.com.
> vavai.com.      IN MX           0 mx2.vavai.com.

Ini yang saya maksud dengan DNS round robin.
Asumsi: kedua mail server harus selalu sinkron.
skenario: jika MTA yang mengirim email ke domain yang menjadi
pembahasan kita mengirim email ke mx1, dan klien mendapat mx2. Jika
kedua server tidak sinkron maka akan ada saat klien tidak menerima
email sedangkan si pengirim email sudah mengirim email. Untuk
sinkronisasi mungkin bisa dipertimbangkan rsync.

Jadi Malu! :)

regards,
--
Salman AS