2009/1/8 ferry teguh pratama <cybe...@gmail.com>:
> hi all,
> Saya sedang dapat musibah, compaq presario V3000 saya crash, gak bisa
> booting..
> ternyata setelah selidik punya selidik, mainboard saya di vonis rusak,
> apa ubuntu saya masih bisa jalan dengan berganti board, atau bberapa
> komponen diservice tanpa ganti board.?
> oya, apa HD saya itu bisa digandeng dengan ubuntu lain, untuk backup
> data kalau memang harus install ulang.
> saat ini saya kangen sekali dengan ubuntu saya..hiks..

Bisa, digandeng dengan komputer lain, kemudian di mount partisi nya.

Linux bisa dipindah ke mainboard baru tanpa install ulang. Waktu boot
, pilih ke runlevel 3. Nanti akan login ke console.
Dari console itu, anda bisa reconfigure XWindows. Konfig soundcard,
ethernet, dan peripheral lain biasanya otomatis oleh kudzu.