On Wed, 21 Jan 2009 11:34:06 +0700, Nyoman Diartha <nyo...@royalperspective.com> wrote:

-----Original Message-----
From: Ali Milis <mi...@lc.vlsm.org>
To: tanya-jawab@linux.or.id
Date: Wed, 21 Jan 2009 11:35:52 +0700
Subject: Re: [tanya-jawab] kartu jaringan tidak terdeteksi setelah sudo
apt-get upgrade pada ubuntu server 8.04

> di /etc/network.interfaces masih ada itu iface eth0 inet dhcp.
> ada yang bisa membantu ?

Salah satu kemungkinan ialah gara-gara Network Manager.
Tapi itu di versi 8.10.

Silakan coba meng-uninstall Network Manager

Kemungkinan, karena satu dan lain hal, interface tersebut
dikenal dengan nama lain. Umpana eth1 atau eth2.

Silakan trail and error. Tapi tidak janji, ya?

Kalau saya sih mengalami ketika pindah2 Motherboard, Ubuntu install di
rumah, ethernet nya sih eth0, begitu HDD di bawa ke kantor pakai MB di
kantor, devicenya dikenal eth0 tp di dmesg ada informasi kalau eth0 itu di
rename jadi eth1. Solusi saat itu sih edit file /etc/network/interface
ganti eth0 jadi eth1 dan sudo /etc/init.d/network restart

Nyoman

adakah cara yg lebih tepat ? mungkin master2 linux bisa menjelaskan lebih detil ? soalnya saran mas Nyoman sama dengan pengalaman saya