setan langit wrote:
kalo di CentOS

lrwxrwxrwx 1 root root 4 Sep 16 22:56 /bin/sh -> bash

di ubuntu laen ya..

On 1/22/09, Bambang Sumitra <bamban...@gmail.com> wrote:
2009/1/22 Firman H <firman.hidad...@gmail.com>:
setan langit wrote:
On 1/21/09, Bambang Sumitra <bamban...@gmail.com> wrote:
coba aja dilihat di file /etc/passwd pada baris yang ada kata "umum". Dia
pake /bin/bash ataou /bin/ksh,, atou yang lain. Klo memang bukan
/bin/bash,
coba aja ganti pake /bin/bash.

tepat sekali dugaan bung firman, ternyata shell nya menggunakan
/bin/sh, setelah saya ganti menjadi /bin/bash, terminal bisa jalan
seperti sedia kala lagi.

terima kasih banyak

iyah,, kayaknya beda tuh....

Saya juga pake centos. Pengalaman saya sih yang punya kelakuan kayak tadi cuma ksh. Kelakuan klo dipencet tombol panah atas keluar ^[[A , trus command completion ngga fungsi, trus prompt cuma $ doang, dll...

tcsh sama zsh kelakuannya ngga kayak gitu. Jadi kemungkinan /bin/sh di ubuntu link nya nyambung ke ksh kali...

Menurut saya biar aman, di /etc/passwd ditulis aja secara eksplisit /bin/bash klo memang mau pake bash. Atau waktu adduser suruh secara eksplisit pake /bin/bash.