2009/1/27 Lukman HDP <luk...@bpk.go.id>:
> Setahu saya, istilah RAID itu tidak dikaitkan dengan Operating System,
> melainkan
> lebih kepada hardware. Jadi entah apa-pun OS-nya, (hardware) RAID akan
> memiliki
> feature yang sama.

Ini kalimatnya bisa misleading. Maksudnya bener, tapi agak kurang
sedikit. RAID itu istilah untuk suatu teknik yg umum, tidak cuma utk
suatu OS tertentu saja.

Tapi RAID tidak cuma hardware RAID saja, ada software RAID juga. Kita
bisa menggunakan software RAID tanpa menggunakan hardware khusus RAID
sama sekali.

> Beda lagi jika yang anda maksud adalah software raid (LVM).

LVM tidak sama dengan software RAID. Keduanya hal yg terpisah dan
independent, tapi bisa dipake bareng kalo mau. Saya bisa pake LVM
dengan maupun tanpa RAID (baik software maupun hardware), dan bisa
pake RAID (hardware maupun software) dengan maupun tanpa LVM.

Ronny