Pada 3 Februari 2009 19:18, Lutfi <lutfi.a...@gmail.com> menulis:
> [...]

Kalau ini bagaimana ?
- klik menu System > Preferensi > Papan Ketik (Keyboard)
- Klik tab Layouts
- Klik tombol Add...
- Klik Layouts dan silahkan pilih ( misal Japan )
- Klik Variants dan pilih sesuai kebutuhan
- Klik tombol Add.
Selesai

Selanjutnya supaya pilihan bahasa keyboard
muncul di panel.
- Klik kanan pada daerah panel yang di inginkan, umumnya panel atas
- pilih Add to Panel...
- pilih Indikator Papan Ketik, (gambar icon nya bendera)
- Klik tombol Add.

Maka pada panel tersebut akan muncul nama bahasa keyboard yang
sedang aktif , untuk mengganti bahasa keyboard yang aktif klik atau klik kanan

Semoga membantu.