Dear All,

Tolong pencerahannya nih...
Saya menggunakan Zimbra udh hampir 2 thn dan selama itu berjalan baik2 aja
tapi hari ini saya merasa agak aneh, anehnya begini:
untuk relay smtp-auth dari luar mengunakan port 25 selalu muncul "Connection time out.." dan gagal (ini pesan dari OE kl dari Thunderbird dibilang "SMTP server refuse connection..") padahal kl saya relay dari jaringan lokal bisa dan kalau relay dari luar menggunakan port
SSL 465 bisa dan berhasil terkirim. jadi gambaran kurang lebih kaya gini

Dari lokal LAN --> relay smtp 25 dan SSL 465 bisa gak masalah
Dari luar/internet --> relay smtp 25 gagal (pesannya kaya di atas) tapi kl port SSL 465 bisa.

Kira2 kenapa yah ? dari log zimbra.log saya gak dpt apa2 krn memang gak ada relay koneksi 25 yg established.
Tks sebelumnya.

Nb. pada smtpd saya mengaktifkan RBL (spam, abuse, dsb)

--

Best Regards,

Alim Salipin
IT Infrastructure Division