2009/4/3 Arie Reynaldi Z <reym...@gmail.com>:

> Masalah utama adalah bagaimana dia verifikasi username & passwordnya
> pak, karena saya (CMIIW) liat benang merah untuk otentikasi adalah
> username dan password, yang mana di smtp server memang gak ada
> username & password. Apakah memang harus pakai otentikasi
> username&password atau sebenarnya tidak usah ?

Pake credential lebih baik. Buat credential kan mudah saja, pake
system bisa, berbasis database bisa, plaintext bisa... saya implement
system credentials di /etc/passwd.

Bisa juga ga pake password:
- Greylisting/blacklisting/whitelisting
- PKI
- Relay rules
Tapi ini semua bukan "smtp-auth" as per dokumentasi postfix. Dan ngga
common buat diimplement untuk melayani road warrior (kecuali PKI,
mungkin).

Jangan takut buat credential di mesin postfix, kan ada mekanismenya
buat mencegah infiltrasi, baca lagi google dan security howto.