Zaki Akhmad wrote:

> Verisign?
> Atau buat sertifikat saja sendiri, lalu self-signed.

Jika self-sign akan menimbulkan ketidaknyamanan pengguna, karena browser
modern akan menampilkan peringatan, yang bagi orang awam cukup
membingungkan --> akan membebani IT Support.
Di website Verisign, paling murah $399/th, di GoDaddy $29.99/th, CMIIW.
Mungkin ada yang lebih murah lagi?

> Apakah ada kebutuhannya? Jika tidak ada, kiranya tak perlu disediakan.

Mengingat bahaya spam, dari yang pernah saya baca, disarankan untuk blok
port 25 (smtp). Dari pengalaman rekan-rekan, apakah hotspot2 lain pada
umumnya juga melakukan hal yang sama? (maklum tdk pernah nongkrong di
kafe :-) )

Terima kasih.

Pujo