> Saya sudah coba di postfix, dan it's ok dengan 2 postfix, dengan
> menggunakan postfix-instanace,. Prosesnya, postfix utama dengan ip
> public terus berfungsi tanpa di ganggu dengan antrain email dan
> postfix kedua ( untuk mengalihkan antrian email ) menggunakan ip local
> ( ethernet alias ) lalu di kembalikan lagi ke ip public dan  di
> teruskan ke luar tanpa di scan virus dan spam sehingga proses
> pengiriman email sekian ribu dalam satu hari bisa lebih cepat, saya
> sudah test kecepatannya dengan smtp-sink.
>
> Masalahnya si bos sudah terlanjur tertarik dengan fitur zimbra, proses
> [...]

Sekedar saran, saya pernah baca di INFOLINUX 2-3 bulan yang lalu
membahas mengenai aplikasi untangle ( http://www.untangle.com/ ),
linux based ada free version (termasuk antivirus & antispam) dan
commercial version. Dipakainya di depan zimbra dan akan mengurangi
beban server untuk scanning virus maupun spam.

regards,