Taufiq Luthfi wrote:
Dear milist...

Sorry nanya mulu...

Saya punya komputer dengan OS wind xp yang terhubung dengan komputer linux dengan kabel. Komputer dengan wind xp punya printer HP Deskjet 2466 usb, sedangkan komputer linux tidak. Saya ingin membuat komputer linux itu bisa ikut menggunakan printer yang terhubung ke komp. windxp.

Sejauh ini yang saya lakukan adalah; menginstall dan mensetting samba, file and print sharing... menginstall print server for unix di wind, mengaktifkan tcp/ip print server di wind... File sharing-nya sudah jalan dengan bagus, hanya print-nya yang tidak bisa.

Saya udah coba men-set printer di linux dengan mengakses 'windows printer via samba', 'ipp printer', 'lpd unix printer'... semuanya gagal...

Tidak ada error yang keluar di printer linux... sedangkan di printer windows terlihat ada job 'remote downlevel document' dengan status 'printing' oleh user 'guess' tapi tidak ada gerakan apapun di printer (hanya berkedip satu-dua kali lampunya).

Saya sudah mencoba berbagai macam distro linux, sejak ubuntu 5.10 sampai ubuntu 8.04, lalu ganti Zenwalk 4, Zencafe, lalu Zenwalk 6 pernah juga open suse 11...

Apakah printer ini (HP Deskjet 2466) memang punya masalah jika difungsikan sebagai printer jaringan? Karena saya pernah mencoba dengan cara yg sama pada printer epson dot matrix, bisa berhasil -semua komputer bisa mencetak.

Apakah tmn2 ada yang pernah mengalami hal yang sama dengan saya? tolong dibagi pengalamannya...

Terima Kasih

------------
Taufiq Luthfi (taufiq.lut...@gmail.com)
http://top1xx.blogspot.com

Saat saya ketik balasan email ini, saya juga sedang print tugas2 kantor yang di share dari komputer lain yang pake windows dengan HP laserjet 1010...

Apa share printer windows sudah dilakukan dengan benar?
Sudahkan memberikan nama share printer di windows?
Firewall??
Apakah linux sudah dapat membaca share tersebut?

--
Salam hangat,

Dichi Al Faridi