On Friday 08 May 2009 06:33:08 muammal hamidy wrote:
> [...]
> hampir 50% waktu saya habis terbuang hanya untuk mengamankan jaringan
> ini, mulai dari membaca semua tutorial yang ada (blajar lagiiiii) +
> ngecek serper yang sering kali down (padahal AC dah dingin nichhh)
> karena jaringan ini terhubung dengan semua SKPD (Satuan Kerja
> Perangkat Daerah) di daerah saya bekerja, jadinya banyak sekali
> terjadi serangan, baik itu dari luar maupun dari dalam kantor saya
> sendiri (teman yang suka ngusilin jaringan atau ngabisin benwith)
> banyak hal yang saya pertaruhkan dalam hal ini, saya pribadi maupun
> tempat lembaga saya bekerja. mohon bantuannya!!!

Ya, saya jadi ingat masa lalu :)
Saya pindah ke Linux 100% karena hal hal di atas.
Tadinya server saya sering crash, padahal sudah dobel (AC sentral dan AC
split). Sering ada teman usil ngirim virus lucu lucu, dan bandwidth yang
mestinya dipakai kerja, habis untuk hal hal lain.

Setelah pindah ke linux, 99% masalah hilang :)
Kadang, pas saya mengeluh tentang si 1% masalah yang timbul, jadi senyum lagi
gara gara ingat yang 99%, hehehe....

> apa yang mesti saya kuasi ????
> apa yang mesti saya pelajari ????
> apa yang mesti saya lakukan ???

Pelajari linux, dan implementasikan,
Mulai dari server, workstation, sampai access point hotspotnya juga diformat
saja dan diinstal linux.

Menggunakan Linux tidak otomatis menyelesaikan masalah
Tetapi lebih mudah menyelesaikan masalah dengan Linux.

--
Salam,

Adi Nugroho - http://adi.internux.co.id/
iNterNUX --- http://www.internux.net.id/
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535 GSM:+62-816-27-9193