Mohon bantuan teman2 semuanya,

Konfigurasi saya adalah sebagai berikut

internet--->untangle---->postfix---->client
beberapa hari terakhir ini smtp saya (menggunakan postfix) jika user
dalam jaringan mengirimkan email sangat lambat jalannya via outlook,
OE,TB, namun berbeda jika user menggunakan webmail (openwebmail)
pengirimannya berjalan lancar, begitu juga jika ketika saya menguji
coba koneksi smtpnya menggunakan telnet dari mesin langsung
menggunakan IP addressnya response sangat lama, namun jika telnet
menggunakan 127.0.0.1 reponsenya normal, saya juga sudah mengganti
parameter main.cf inet_inteface ke 127.0.0.1 tapi tetap saja smtpnya
masih lama, yang anehnya lagi ketika saya cek menggunakan netstat port
25 di ipaddressnya sudah terbuka, namun kalo saya nmap dari pc ke ip
mail server tidak terbuka port 25nya. yang menjadi pertanyaan saya
adalah

1.Kira2 apa yang terjadi dengan SMTP saya ?
2.Saya menggunakan Untangle untuk antispam dari dari reportnya spamnya
lumayan tinggi, apakah hal ini penyebabnya smtp saya lambat ?
3.apakah ip address saya sudah jadi smtp terbuka, atau sudah di bajak
sama orang untuk buat spam ?
4.Jika saya tambahkan Lan card di mesin saya untuk smtp keluar apakah
masalah saya selesai ?

itu saja dari saya atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

--
Regards
Samuel Sappa,