Hello,

2009/5/17 nonong <nonon...@gmail.com>:

> Kedua, dengan cara backup life seperti itu apa tidak memungkinkan terjadinya
> relational database terputus, karena ada user yang sedang konfigurasi
> account-nya pada saat penyimpanan belum tuntas terjadi proses backup,
> sehingga yang ter-backup tidak utuh.

Selain backup replikasi, selalu ada kemungkinan terjadinya backup
tidak utuh, untuk itu butuh pengaturan backup dimana proses intervensi
user relatif sedikit atau backup dibuat lebih sering atau dilakukan
backup replikasi/mx backup sekalian.

> Ketiga, kalau proses backup bukan image virutalbox (di server yang berjalan
> sendiri) apakah pola ini bisa dilakukan.

Kemungkinan tidak bisa, karena pada saat itu folder /opt/zimbra sedang dipakai.

> Keempat, melanjutkan pertanyaan ketiga (kalau jawabannya=ya..!) bagaimana
> cara restore hasil backup, apa langsung timpa folder /opt/zimbra atau
> gimana..?

Proses restore logikanya hanya perlu menimpa folder /opt/zimbra namun
biasanya perlu tambahan pengecekan permission file & folder.

Pengalaman saya, backup melalui Virtual Image merupakan cara yang jauh
lebih efisien dan lebih aman + lebih cepat dibandingkan proses backup
dengan sistem stop email server untuk sementara waktu sebagaimana yang
biasanya terjadi pada proses backup folder /opt/zimbra.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID)         : http://www.vavai.com/blog