haloo semuaaa

saya senang sekali hari ini, kasus saya solved.

biar semua bisa ngikutin, saya summary lagi.
kasus saya:
1. gimana cara mengetahui mapping antara device ethernet ke interface fisk?
contoh: eth0 itu sebenernya yang mana sih? realtek, myson, intel ato apa?
2. jika sudah tahu, lokasi card ethernet tersebut berapa di slot PCI berapa?
slot0, slot1, slo2, ato berapa?

jawab

1. solved
execute command: "lshw -C network". ntar kliatan mappingnya
untuk konfigurasi mapping saat booting, bisa kamu setting di:
/etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules

2. solved
a. cara maen kayu (kasar):
- unplug kabelnya, trus pake command "ethtool -p" untuk tiap logical
devices (eth0, eth1)
trus liatin deh yang kedip2 yang mana.

b cara mantap! (dari mas heri hendaryanto)
- catat hasil "lspci -vvv", liat bagian yang nunjukin network card kamu
- execute dump_irq, trus cocokin ama hasil diatas. ketemu deh...
MANTAPS!!

terima kasih banyak atas semua pihak yang telah ikut ngebantu dalam kasus ini
saya ucapkan banyak2 terima kasih

sorry OOT:

saya pribadi dulu emang fanatik dengan linux. apa2 hukumnya wajib dengan linux.
hehehehe
but jadi orang harus flexible, masih banyak OS lain yang dipake untuk
solve problem.
sekarang sih tergantung yang mbayar, pengen linux hayuuu, OS laen hayuu juga...

kalo mau jujur, linux adalah sebuah kernel doang. kernel gitu loh...
kalo pada bangga dengan bisa mengkonfigurasi apache, squid, iptables, dst...
itu mah bukan linux, itu adalah aplikasi, dan di OS lain juga bisa
dijalanin kok.
malah performancenya bisa lebih baik loh...

dengan adanya challenge ini, menurut saya sangat beguna sekali:
- kalo ditanya client
- di todong team auditor
- buat pemula yang baru belajar
- kalo ada problem

yah kalo dalam diskusi, jadi merembet kesana-kemari dan ngak nge-solve
problem sama sekali, ini adalah masukan untuk kita supaya bisa diskusi
lebih baik lagi.
gak usah seperti wakil rakyat itu...

udah ah nulis nyah
ntar banyak yang protes lagi...
hehehe

sekali lagi
terima kasih yang banyak buat semuanya...