> Katanya dah pernah coba kok minta diskon berarti ngga lulus ya pak ya :D

ngak juga. saya dah punya RHCT. mau ngincer RHCE & RHCA

> Kalo menurut saya sih yang paling susah itu
>
> 1. GNU/SAIR
> 2. LPI
> 3. RH Based
>
> why ?
>
> 1 & 2 menuntut kita untuk menguasai banyak distro dan ujian tertulis
> atau online tidak bisa coba2 di konsole dll jadi harus paham & hapal
> benar , kalo depan konsole tentu enak ada man dll  :D

emang online ujiannya. tapi type soalnya itu loh...
multiple choice, ngitung kancing..

kalo ujian praktek, menurut saya adalah yang terbaik saat ini karena
representasi dunia nyata.
- boleh aja liat manual, cuman kalo belajar saat ujian tsb dijamin
waktunya ngak cukup.
- manual hanya untuk membantu sedikit aja
- di dunia nyata, salah satu nilai penting adalah bisa ngesolve
problem. jadi emang perlu fokus dengan problem. ngak usah terlalu
banyak berteori. dan ujian praktek sangat cocok untuk mengukur
kemampuan problem solving ini.

sekedar gambaran ujian RHCT/RHCE:
- pada sesi pertama ujiannya adalah problem solving. tau-tau itu linux
udah kernel panic ajah. kita harus bisa ngebenerin mesin tersebut
sesuai dengan kriteria yang diberikan dalam waktu 1 jam. kalo ngak
bisa solve, gugur.
- untuk sesi kedua, bakal di suruh bikin server dengan kriteria
tertentu. jika ngak sesuai, maka ngak dapet point. kalo pointnya g
cukup, ngak lulus ujian.