Mohon bantuan teman2 semuanya,
saya sedang setting 2 Lan Card di mesin linux saya, yang mana 1 lan
card menggunakan IP publik eth0, sedangkan IP privatenya berada di
eth1. Untuk masing2 LAN card saya masukkan gateway yang berbeda, yang
menjadi permasalahannya adalah, jika saya aktifkan kedua2nya gateway
dari eth0 (publik) menjadi mati, kalo saya tracepath koneksi internet
keluarnya melalui ip private, padahal sudah saya setting gatewaynya di
/etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0 dan
/etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth1, sebenarnya bisa saja saya
tidak menambahkan gateway pada eth1, tapi hal ini tidak memungkinkan
karena ada beberapa user yang berada di cabang dan Ipnya berbeda
segmen dengan ip eth1, kira2 bagaimana caranya agar 2 interface ini
bisa jalan bersama2 di mesin saya

atas bantuan teman2 semuanya saya ucapkan banyak terima kasih
--
Regards
Samuel Sappa,