Halo mas Pras,

2009/7/6 prasetyo <bprasety...@yahoo.com>:

> Yth Linuxer,
> Saya sudah install zimbra di komputer Intel Pemtium 4 mem 2GB, dengan user
> 500. Setelah itu timbul masalah yaitu akses zimbra dari client sangat lambat.
> Mohon pencerahan untuk tips dan trik agar server zimbra di client atau di
> server menjadi cepat, terimakasih

Hal berikut bisa dicoba :

1. Jika server pakai GUI, sebaiknya buang GUI dan aktifkan text mode
2. Jika ada aplikasi lain yang tidak perlu, remove
3. Jika ada service yang tidak dipakai, disable
4. Jika tidak menggunakan feature tertentu, matikan (contoh, saya
menggunakan Google Apps / Anti spam+anti virus di server lain sehingga
kedua feature tidak diaktifkan)
5. Jika tidak pakai fasilitas spelling matikan fasilitas spelling
6. Jika tidak pakai feature collaboration, matikan feature
collaboration (Document, chat, dll)
7. Jika menggunakan webmail, gunakan akses HTML standar, bukan ajax advanced
8. Upgrade Memory, sekarang memory relatif lebih murah

Catatan : Email ini saya cc ke milis Zimbra Indonesia

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID)         : http://www.vavai.com/blog