--- On Mon, 7/13/09, Henry GM <gt...@indosat.net.id> wrote:

> [...]
> router/nat lain ? Jika ada pastikan setingan iptablesnya
> tidak tumpang tindih lihat isi table iptablesnya apa aja,
> dan bisa lakukan investigasi dulu menggnakan
> host -t mx domainemailtujuan 25
> host -t mx domainemailtujuan 110
> telnet mail.domainemailtujuan 25
> berhasil tidak ?
>
> Jka menggunakan firewall lain seperti shorewall dll atau
> selinux, coba dilepas dulu servicesnya dan lakukan test
> kirim email ke tujuan.
> Kadang juga masalah ringan sering terabaikan seperti
> setingan di OE utk incoming atau outgoing mail salah atau

Pak Henry,
saya tidak menggunakan shorewall juga tidak menggunakan selinux.
Saya sudah coba investigasi begini :
 host -t mx domainemailtujuan 25
 host -t mx domainemailtujuan 110
 telnet mail.domainemailtujuan 25
Namun semuanya gagal.

Apakah saya bisa minta contoh setting standart squid.conf utk acl, http_access,
http_port, cache_mem, cache_mgr, visible_hostname yang sudah jalan.

Terima kasih sebelumnya.
ES