2009/7/21 Samuel Sappa <cihuy...@gmail.com>:
> sebelumnya maaf jika sudah di tanyakan sebelumnya
> mohon bantuan teman-teman semuanya,
> saya sedang setting postfix dimana nanti akan di gunakan oleh pihak
> luar, setting TLS dan SASLnya sudah jalan di lognya jika clientnya mau
> akses keluar di lognya :
>
> Jul 21 13:55:37 ns-1 postfix/smtpd[28916]: connect from unknown[xxx.xxx.x.xxx]
> Jul 21 13:55:37 ns-1 postfix/smtpd[28916]: setting up TLS connection
> from unknown[xxx.xxx.x.xxx]
> Jul 21 13:55:37 ns-1 postfix/smtpd[28916]: TLS connection established
> [...]

++ untuk test nya coba di define ulang $mynetworks nya sesuai dengan
network di tempat anda, kalau mau di exclude host yang mau di test
bisa di tambahkan dalam mynetworks = !ipaddress/32

jangan lupa juga kalau ada problem di postfix, sertakan hasil dari
postconf -n juga log log lain yang dibutuhkan, pastikan juga anda
sudah menginstall semua paket yang dibutuhkan oleh TLS dan SASL juga
apakah postfix memiliki hak akses ke dalam folder sertifikat key nya ?

silahkan join milis postfix.or.id *doh inviter*

--
a writer http://avudz.alifia.co.id
a mac lover http://macclub.alifia.co.id