mu'ammal hamidy wrote:

> maaf bukannya males mencoba,
> tapi mo nayak dolo sebelum mencoba (boleh kan nanyak lagi hiii)
> setau saya webmin bisa di konfigurasikan untuk DHCP
> ubuntu saya sudah saya set sebagai DHCP (pakek bind) kira2 ada konflik
> gak nich kang dai
> trus
> ini harus makek apa nich kang :
> 1. pakek bridge trus instal squid  atau
> 2. instal webmin aja
> atau pakek semuanya nich (bingung)
>
> maaf klo nanyak nya kebanyakan msh nubie nichhh

Kalau pemula sih saya saranin install semuanya.., gak ngaruh kog kalo
sebelumnya sudah set DHCP server, webmin itu cuma menyediakan Front End
GUI, supaya kita bisa lebih mudah nge-set mesin kita.

Kalu DHCP sebelumnya dah up, nanti di webminnya juga kelihatan dhcpnya
dah up. Selanjutnya kita sudah bisa configure di webminya..

Mao configure dhcp, firewall, squid, semua dari sono..

fyi : saya juga kemarin2 rasanya berat banget mao menerapkan squid,
banyak buku dah di beli tapi tetap masih ragu mao nyoba. nah waktu
kemarin iseng searching di itnet, eh ketemu satu artikel... langsung
saya ambil mesin PIII, di install 8.04.3 LTS, di ikuti sesuai panduan..
alhamdulilah, puji tuhan... mesin tersebut sudah saya pake untuk
ngelayani sekitar 30 user di kantor.. Senangnya..