On Sat, Sep 05, 2009 at 10:30:11AM +0700, Henry GM wrote:

> Biasanya dnsbl seperti cbl suka gak percaya sama mailserver yang kita
> bangun. kita juga kadang terlalu pede
> menyatakan mailserver kita bebas virus. kalau sudah bolak balik masuk
> cbl , ada baiknya tidak hanya request
> delisting saja ke mereka tapi cek and ricek kondisi lalu lintas port
> 25/smtp zimbra anda. kadang kala ada mass mailing virus
> kirim email spam yang disebabkan virus dari salah satu komputer user
> atau open proxy, trojan, spambot.
> Cara mulainya coba monitoring terus queues.

Tambahan, untuk itu perlu pakai smtp auth agar di mail server agar virus
tidak bisa keluar kirim email. Tapi kalau virus bisa kirim email berarti
forwarding ke port 25 tdk diblok oleh router.

Saya juga punya pengalaman ini, mesin router dan mail jadi satu, biasa
saya blok forwarding ke port 25 dari client, jadi client kalau mau kirim
email harus lewat mail server dan pakai smtp auth.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~