Dear all,

Di kantor saya punya HP wks yg menggunakan RHEL 5.3 dengan GPU NVIDIA
QuadroFX 3450 (menggunakan driver yg di d/l dari website nvidia).
Kemarin ini mesinnya hang dan tidak bisa di apa2in, akhirnya saya
langsung tekan tombol power.
Setelah itu mesinnya tidak mau menampilkan xwindow lagi (di layar
monitor hanya menampilkan warna2 aneh dan cuman sedikit saja),
akhirnya saya load linux rescue, kemudian file /etc/inittab di ubah
init ID-nya ke 3.
Setelah itu restart dan boot normal untuk di init 3-nya, akhirnya di
kembalikan lagi file xorg.conf-nya ke file sebelum di install driver
dari nvidianya (/etx/X11/xorg.conf).
Waktu masuk ke xwindow dengan mengetikkan init 5, semuanya berjalan
dengan normal.
Karena berpikir ada file yg berhubungan dengan driver GPU yg
corrupted, setelah backup data2nya, saya coba reinstall dengan versi
terakhir RHEL 5.4 64bit.
Setelah selesai install, semuanya berjalan dengan normal, tetapi
sewaktu saya menginstall driver yg di d/l dari nvidia (versi terakhir
NVIDIA-Linux-x86_64-185.18.36-pkg2.run), masalah yg sama muncul
kembali.
Mesin tidak bisa masuk ke xwindow (hanya menampilkan warna hijau
setelah itu monitor blank). Saya perlu meng-install driver dari nvidia
ini karena driver bawaan yg terinstall default, performance-nya tidak
bagus dan program yg saya mau jalankan tidak bisa berjalan (OpenGL-nya
bermasalah).
Mohon bantuan dari rekan2 disini, mungkin ada yg pernah mengalami
masalah yg sama dengan saya.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Salam,
Pieter