2009/11/2 Arief Yudhawarman <arief.mi...@jember.net>:
> Dapat email yang mengandung attachment ecard.zip. Setelah diekstrak
> dapat ecard.exe, lantas di double klik filenya. Tidak ada tampilan apa2.
> Efeknya terasa ubuntu 8.04 saya jadi lebih lambat atau tersendat-sendat,
> tidak seperti biasa.
>
> Buka top dilihat ada program windows yg jalan: svcst.exe & seres.exe
> Upload ecard.exe ke situs virus online ternyata memang virus ...
>
> Ternyata linux bisa kena (dampak) virus windows via wine ... hehehe.
>
> Lagi mikir2 apakah itu berarti virus ini bisa menginfeksi program windows
> yang ada di wine ?

> [...]

FYI, Wine adalah aplikasi, bukan bagian core di OS GNU/Linux. Pengguna
GNU/Linux yang tidak menginstall wine tidak akan bisa menjalankan
aplikasi windows .exe.

Karena wine adalah aplikasi, menghentikan virus yang berjalan di
atasnya juga mudah, tinggal kill lewat task manager. Tidak perlu repot
mesti masuk safe mode, seperti di OS Windows.

--
Donny Kurnia
http://hantulab.multiply.com/