Jamal wrote:
Ferry Kristianto wrote:
Jamal wrote:
Halo semua Rekan-Rekan,
mohon pencerahannya.
saya adalah masalah bagaimana caranya untuk memproteksi suatu file agar tidak bisa di-edit.

ilustrasi :
/test/file01.txt

didalam /test terdapat banyak file, akan tetapi hanya file01.txt saja yg tidak bisa di-edit selain file ini bisa.

yang sudah saya coba adalah :

   /test dibuat : drwxrwx---    root    group_test
   /test/file01.txt dibuat : rwxr-x---    root    group_test
       hasilnya = file01.txt masih tetap bisa diedit (lewat command vi)

   /test dibuat : drwxr-x---     root   group_test
   /test/file01.txt dibuat : rwxr-x---   root   group_test
hasilnya = semua file dalam /test tidak bisa diedit, sedangkan yg saya inginkan hanya file01.txt saja yg tidak bisa diedit.

Mohon pencerahannya, terima kasih.

-Jamal-

yang tidak bisa edit root atau user biasa?
kalo hak akses root emang bisa edit karena hak akses nya: rwxr-x--- root group_test

kalo anda login sebagai user yang termasuk ke group_test, baru bisa lihat tapi tidak bisa edit
chmod 750 file01.txt
kalo hak akses direktori, itu lebih ke arah pembuatan dan pembacaan file, bukan editing file nya. Kalo editing file, ya yang diatur hak akses filenya

iya saya lupa, login nya sebagai user biasa yg termasuk dalam group_test.
sudah saya coba chmod 750 (seperti saya jelaskan percobaan saya diatas) tapi hasilnya kok masih bisa di edit.
barangkali ada masukan lainnya pak?
makasih

opsi execute nya coba dihilangkan