> disknya auto spindown
> bisa diatasi dengan beberapa cara:
> http://zhigang.org/blog/seagate-freeagent-auto-spindown-under-linux/
>
> --
> andika

Terima kasih Mas Andika untuk informasinya... Saya sudah menggunakan cara
yang kedua (auto restart) tetapi tetap tidak berfungsi. Memang, HD masih
bisa di #ls -la tetapi ketika schedule backup jalan untuk meng-copy file
HD tersebut muncul error.
Saya skr baru akan coba solusi yang pertama (dari web yg diinfo oleh Mas
Andika). Moga-moga sukses.

Terima kasih,

DN