On Tuesday 26 January 2010 14:09:18 gobed balagadona wrote:

> __________
>

> Sebelumnya saya sudah mempersiapkan free space, menggunakan disk
> management nya win7, hasilnya sama, tapi kalo saya coba pake option
> cfdisk /dev/sda -z bisa, cuma itu berarti mempartisi seluruh hardisk,
> maunya tinggal tambah slack13 aja, gak perlu install ulang seluruh
> kompie (termasuk win7 nya)

Saya install Slackware tidak pernah pakai cfdisk bawaan instalasi Slackware.
Biasanya pakai gparted yang ada di Rescue Disk, dan karena modus X jadi
mudah untuk rubah-rubah (pindah/geser/mengecilkan/membesarkan...) partisi.

Masalah partisi mesti hati-hati. Kalau tidak salah sistem DOS/MSDos/MSWin
hanya membolehkan satu primeri partisi. Kalau UNIX/UniXLike bisa 4 partisi
primer. Agaknya ada masalah ketidak urutan cylindris karena Linux/UNIXLike
membaca partisi yang dibuat oleh sistem MS dengan "keliru"/cara berbeda.

Coba Anda atur kembali dengan memperhatikan urutan partisi/ awal dan akhir
cylinder. Kalau pakai cfdisk nggak kelihatan penempatan nomor awal, akhir
cylindernya. Kalau pakai fdisk bisa kelihatan start-end cylindernya, sistem
partisi UNIX agaknya menginginkan penempatan cylider yang berurutan. CMIIW.

Paling enak pakai gparted untuk edit partisi atau.... Pakai PM yang tidak
gratis...:-)

Salam,

Putra