Agar mail server dikenal dari luar:
1. Set dns server untuk domain anda.
2. Masuk kontrol panel pandi, arahkan ns record domain anda ke IP dns server
anda.
3. Pastikan kalau anda sudah mengeset MX record di dns anda, mengarah ke mail
server anda.
4. Pastikan kalau dns anda sudah berjalan dan dikenal dari luar

Mestinya dalam sekitar 48 jam mail server anda sudah dikenali dari dunia luar.

Bagus mana, pakai dns sendiri atau dns isp?
* kalau isp-nya mudah dihubungi dan selalu membantu, ATAU anda tidak sempat
mengurusi dns server sendiri, lebih baik gunakan dns isp.
* kalau anda dapat mengeset dns server sendiri, mending gunakan dns server
sendiri.

Inga' inga'
dns server dan mail server sebaiknya dua buah atau lebih.

--
Salam,

Adi Nugroho
PS: Berhubung nomer lama 0816279193 dan 0411-6109535 susah dipakai di Kupang,
untuk seterusnya aku ganti nomer menjadi 0852 3910 7070.

-- pesan orisinal --
Dari: "Matthew Hezekiel" <matthew.hezek...@gmail.com>
Tanggal: 28-01-2010 10.22

Saya mendapatkan IP public, dan pihak ISP membuka port 25. Yang saya
bingungkan adalah bagaimana cara agar email tersebut dikenali dari
luar. Misalkan, saya ingin memakai domain abc.com, hal yang sudah saya
lakukan adalah membeli domain abc.com tsb melalui Pandi. Nah,
selanjutnya apa yang perlu saya lakukan pak? Saat ini yang saya
lakukan adalah membuat dns di server mail saya, namun beberapa teman
saya bilang agar saya menggunakan dns yang disediakan oleh ISP, mana
yang lebih baik? apa ada rujukan membuat dns server sendiri?