halo rekan-rekan milis,
saya sedang coba menggunakan hylafax di kantor dengan
menggunakan 2 modem internal conexant dengan platform
ubuntu 8.04. driver untuk modem sudah saya install dan
berhasil.

untuk terima & kirim fax sudah bisa. setelah beberapa waktu,
muncul permasalahan tidak bisa kirim & terima fax dari salah
satu modem. bahkan kadang-kadang keduanya. saya coba
liat di tail -f /var/log/syslog disitu terlihat /dev/ttySHSF0 modem
wedged. saya coba juga cek menggunakan sudo wvdialconf
hasilnya ttySHSF0 tsb failed statusnya. ini terjadi pada kedua
modem baik ttySHSF0 atau ttySHSF1.

saya coba search di om gugel, hasilnya agar menambahkan
MaxSetupAttempts 10 pada file konfigurasi
/etc/hylafax/config.ttySHSF0 dan config.ttySHSF1. hal ini
sudah saya coba tapi problem modem wedged masih terjadi.

sampai dengan saat ini solusi yang dilakukan yaitu mereboot
fax server setiap kali modem wedged. dalam sehari bisa beberapa
kali di reboot.

mohon penjelasan dari rekan-rekan sekalian. terima kasih banyak
atas penjelasannya.
--
emmile