On Wed, Feb 24, 2010 at 05:04:47PM +0700, M Sigit Atmadhi - Gmail wrote:
> kalo ngga salah beda, antara VPN bawaan OS (Centos, atau yg lain) dgn
> openvpn.
> saya sendiri malah belum pernah coba VPN bawaannya Linux
> yg saya gunakan adalah openvpn dr openvpn.net

Ini benar, openvpn dr openvpn.net bisa dipakai lebih dr 2 client dg 1 server?
Nanti saya coba. Thanks atas infonya.

> sptnya sih konfigurasinya sama aja, antara openvpn utk ubuntu atau utk
> linux yg lain
> kalo masalah tembus speedy, bukannya itu settingan port forwarding di
> modem adslnya?

spidi memblok protokol gre u/ pptp. Bkn masalah port forwarding, krn client
pptp di belakang router (modem adsl). dari 4 line spidi, kebetulan admin warnet
yg pakai 4 line spidi, hanya 1 yg bisa tembus. Bisa jadi modemnya ndak support
protokol (gre).

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com