file hasil konfigurasi crontabnya dilihat di mana ya??

----- Original Message -----
From: "Ferry Kristianto" <mailtomyitan...@gmail.com>
To: tanya-jawab@linux.or.id
Sent: Friday, March 19, 2010 11:15:32 AM GMT +07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta
Subject: Re: [tanya-jawab] crontab

On 3/19/2010 11:08 AM, Herlina Valentina Pasaribu wrote:
> [...]
>
> gimana sih penjadwalan dengan crontab itu jika diberikan soal seperti ini:
>
> Membuat sebuah task yang berfungsi untuk membackup file database mysql setiap
> jam 12 malam
> * Gunakan sebuah shell script yang berfungsi untuk meng-copy semua file yang
> berada dalam  direktori mysql anda ke sebuah direktori tertentu
> * lakukan percobaan dengan men-set waktu pada crontab, sesuai dengan waktu
> praktikum anda
> * nama folder backup yaitu backup_mysql_[tanggal_backup]
> * file backup yang dihasilkan pada proses backup sebelumnya, harus dihapus

ini yang saya pakai untuk backup database
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
echo "backup mysql databases"
DATE=`date +%d%m%y`
basepath="/backup/databases"
DB1="database1"
echo "backing up database: $DB1"
mysqldump -u username_nya --password password_nya --compact --databases
$DB1 > "$basepath/$DB1 $DATE.sql"
gzip -f "$basepath/$DB1 $DATE.sql"
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
kalo ingin menghapus file backup sebelumnya, bisa tambahkan ini sebelum
backup database nya
rm -R "$basepath/*"
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
kalo ingin membuat folder backup per tanggal:
mkdir "$basepath/backup_mysql_$DATE"
jadi perintah backupnya bisa diubah menjadi ini:

echo "backup mysql databases"
DATE=`date +%d%m%y`
basepath="/backup/databases"
DB1="database1"
# hapus backup sebelumnya
rm -R "$basepath/*"
# buat folder backup per tanggal
datebasepath="$basepath/backup_mysql_$DATE"
mkdir $datebasepath
#jalankan proses backupnya
echo "backing up database: $DB1"
mysqldump -u username_nya --password password_nya --compact --databases
$DB1 > "$datebasepath/$DB1 $DATE.sql"
gzip -f "date$basepath/$DB1 $DATE.sql"

nanti akan dihasilkan file "database1 190310.gz"