thanks buat sarannya. Setelah saya telaah sana-sini, ternyata
paravirtualization hanya bisa bila guest OS nya sama distro dengan host OS.
Kalo beda harus pakai full virtualization seperti kalo install windows
diatas xen.
Kerugiannya ya lebih lambat daripada paravirtualization.
Kemarin sudah berhasil buat konfignya, tapi waktu di cek di xm list kok
tidak ada.
karena sudah pagi, saya blom sempat cek log file nya.
Nanti akan saya coba lagi.

wah kalo begini sama aja dengan menggunakan vboxheadless.... -_-

Saya sudah berhasil menggunakan full virtualization untuk guest debian dengan mengunakan konfigurasi dari ubuntu documentation bagian windows install, tapi sepertinya untuk guest debian apakah bisa paravirtualization? mengingat debian dan ubuntu dari keluarga yang sama. Saya sempat baca2 konfigurasinya xend-tools.conf ada model instalasi selain dengan debootstrap, ada rinze dan rpmstrap. Hanya saja belum tahu apakah nantinya full virtualization atau paravirtualization.