On Fri, Apr 23, 2010 at 10:51:50PM +0900, Ery Atmodjo wrote:
> Terima kasih sebelumnya buat resep mas Arif.  Setelah coba resepnya
> pakai iptables, saya temukan di network saya ada pola seperti itu.
> Apakah itu berarti ada komputer yang memakai program vidalia dan atau
> ultrasurf, atau program lain yang mungkin punya pola yang sama.

Yang saya lakukan selama sampling, ehem, pengumpulan paket2 trafik ke port
ssl atau 443 adalah dari browser2 mesin windows xp virtual (vmware); ie dan
mozilla, dan dari ubuntu 8.04; mozilla dan opera.
Berdasarkan pengamatan dan perbandingan paket2 ke port ssl ditemukan semacam
pola yang unik yang merupakan sifat intristik (?) dari program seperti ultrasurf
atau vidalia atau bisa dikatakan semacam "user-agent".
Kalau ultrasurf (http://www.ultrareach.com/downloads/ultrasurf/u995.exe)
punya pola hex seperti ini di paket data 11 bytes pertama dari sesi client
hello:
  16 03 01 00 41 01 00 00 3d 03 01
Kalau vidalia atau tor (tor-browser-1.3.4_en-US.exe,
vidalia-bundle-0.2.1.25-0.2.7.exe)
punya pola hex seperti ini di dalam paket data 256 bytes dari sesi client hello:

C00AC01400390038C00FC0050035C007C009C011C01300330032C00CC00EC002C00400040005002FC008C01200160013C00DC003FEFF000A

Bisa jadi ada program lain yang mempunyai pola hex yang sama seperti di atas.
Untuk tahu tidak ada cara selain instal ultrasurf dan vidalia, jalankan serta
sniffing network sendiri dan amati paket2nya dengan wireshark.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com