> pakai modem merk dan model apa? setau saya modem speedy pasti ada
> fasilitas port forwardnya
>
> kalo ada fort forwarding nya  berarti router juga dong ...masa router ketemu
> router ....mending ya itu tadi pake team viewer aja...ga rumit...

saya disini pakai konfigurasi router ketemu router juga, jadi modem
speedy saya set sbg router dan linux box sebagai router juga, g ada
masalah sih, jadi kalau ada service yang dibuka ke public, cukup buka
dari modem speedy aja, di port forward.

kalau yang saya tangkap dari pertanyaan pertama, dia cuma butuh
koneksi ssh ke linux boxnya, kalau emang kasusnya seperti itu, bisa
dengan cara seperti mas arif kasih, via vpn. atau buat account dynamic
dns di dyndns.com. Jadi anda punya nama domain dengan ip yang dinamis.