2010/5/17 Johannes <mistyl...@gmail.com>:
> Salam,
>
> Mau tanya saran rekan-rekan, saat ini mail server saya menggunakan
> Linux (qmail dan Spamassassin), tetapi sepertinya load nya sudah
> sangat tinggi (13 ribu spam per hour) sehingga memakan cpu sampai 60%
> dan memory 1 Gb untuk 40 user.
>
> Rencananya akan menggunakan hardware based. apakah rekan-rekan punya
> rekomendasi hardware atau ada saran lain dari sisi Linuxnya? (saya
> sudah menggunakan RBL). Thanks

Kalau sampai 13 ribu spam per jam padahal hanya ada 40 user,
kemungkinan besar anda terkena forged/forgery spam. Saran saya,
sebelum niatan menggunakan penggantian hardware, check ulang dulu
sistemnya.

Coba search "backscatter" dan penanggulangannya pada mail server
Qmail. Saya punya tutorialnya tapi untuk Zimbra Mail Server (based on
Postfix)

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto