2010/6/13 Ery Atmodjo <e.atmo...@gmail.com>:
> Dear miliser.
>
> Saya baru saja install Ubuntu Lucid di eksternal harddisk, dan
> berjalan dengan baik.  Internetan dengan kabel dan wifi berjalan
> dengan baik.  Saya coba install Vodafone (Huawei E870).  Instalasi
> Vodafone lancar, setingan untuk IM3 bisa dilakukan, saya seting untuk
> koneksi otomatis.  Tapi sampai saat ini belum bisa digunakan. Setiap
> saya colok Vodafone, muncul pemberitahuan : Broadband GSM (saya lupa
> persisnya) not connected.  Mohon pencerahannya mengenai cara
> mengaktifkan koneksinya.
>
> Terima kasih sebelumnya.

> [...]

Saya coba dengan wvdial.  Saya cek modemnya, terdetksi di ttyUSB1

$ sudo dmesg | grep -e "modem" -e "ttyUSB"

[ 9083.235025] usb 7-2: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB1

Konfigurasi wvdial :

[Dialer im3]
Phone = *99#
Username = indosat
Password = indosat
New PPPD = yes
Dial Command = ATDT
Modem = /dev/ttyUSB1
Modem Type = Analog Modem
Baud = 460800
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init5 = AT+CGDCONT=1,"IP","open.internet";
Stupid Mode = 1
Auto DNS = 1

saya coba wvdial im3, hasilnya

e...@ery-laptop:~$ sudo wvdial im3
--> WvDial: Internet dialer version 1.60
--> Cannot get information for serial port.
--> Initializing modem.
--> Sending: ATZ
--> Sending: ATQ0
--> Re-Sending: ATZ
--> Modem not responding.
e...@ery-laptop:~$

Saya coba install Vodafone software dengan petunjuk dari
http://www.betavine.net/bvportal/resources/datacards/os/ubuntu
tapi waktu berusaha connect tidak berhasil, responnya :

"Vodafone Mobile Connect has given up after trying to connect three
times to Internet.  This might be provoked by a problem in the
configuration or just the fact that there's no carrier".

Parameter untuk akses ke Indosat yang digunakan di Vidafone Mobile
Connect sama dengan parameter yang dijalankan dii windows dan berjalan
baik di komputer yang sama.

Mohon pencerahannya.

Terima kasih sebelumnya.

Ery