assalamua alaikum wrb

salam sejahtera,
maaf sebelumnya, saya newbie, mo tanya tentang software recovery data di
harddisk untuk linux.
beberapa hari yg lalu data di harddisk saya tanpa tau sebabnya tau2
hilang, saya menggunakan ubuntu 9.10, maaf mo tnya bagaimana melihat log
file yang hilang tsb?, apakah folder2 yg hilang tsb terjadi karena virus
juga?, tidak mungkin kan ya? dan adakah software di linux untuk
merecovery data yg hilang tsb, saya sudah coba pake testdisk, namun
datanya kurang lengkap yg terecover, btw juga mo tnya recovery data di
harddisk SAS yg menggunakan sistem RAID 5 sebaiknya menggunakan apa ya?

trims

supernewbie :)