On 06/14/2010 10:35 AM, tukang ketik wrote:
> dh laster,
>
> Perintah last di linux bisa munculin log linux up/down beberapa hari
> kebelakang.
> Kalau kita mau lihat lebih jauh lagi kebelakang (1 bulan lebih)
> atau mungkin dr sejak di install, bisa gak ?
> Caranya bagaimana ?
>
> Terimakasih

Hasil baca-baca man last, saya simpulkan bahwa last hanya menampilkan
isi file /var/log/wtmp

File /var/log/wtmp sendiri secara default dirotate setiap bulan (ini di
system saya, ubuntu 10.04). Jadi dengan perintah last, dimungkinkan
untuk melihat login log hingga awal bulan. Caranya silahkan dibaca di:
man last

Jika ingin mengubah setting rotate untuk file /var/log/wtmp, di ubuntu
silahkan diedit file /etc/logrotate.conf, lalu cari bagian wtmp, dan
ubah monthly menjadi nilai lain. Setting lengkap logrotate bisa dibaca di:
man logrotate

Semoga 'kail'nya cukup jelas sehingga bisa digunakan untuk menangkap
'ikan' yang diinginkan :)

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com