--- Pada Jum, 9/7/10, blackaholic <blackaholi...@gmail.com> menulis:

> [...]
> membangun
> mail server dengan domain gratis co.cc ??
>
> rencana sebelumnya saya ingin menggunakan zimbra, tapi
> karna sesuatu
> hal saya ganti ke postfix.
>
> Tugas ini untuk tugas akhir saya, dimana saya ingin membuat
> satu mail
> server dengan domain gratis yang nantinya kebutuhan untuk
> email dan
> account dimanage dari server saya sendiri yang ada dirumah
> dengan
> koneksi dari first media dan satu buah ip public.

cek dulu dari firstmedia biasanya banyakport yang di blok, dan  biasanya
memakai ip dhcp, jadi harus pakai dyndns yang menyediakan layanan dns ke ip
dhcp. Kalau mau ip publik static harus minta sama ISP, dan biasanya koneksi nya
yang dedicated.

> rada bingung mengenai bagaimana caranya agar si domain
> co.cc ini bisa
> dikenal dari luar saat kirim dan terima email, apakah
> memungkinkan
> atau tidak ya??

bisa saja asal dns nya di setup dengan benar. btw saya belum pernah pakai co.cc
untuk real server.