On Sat, Jul 17, 2010 at 10:27:39AM +0700, dai heroes wrote:

> Sebenarnya saya gak pernah utak atik iptables pak :)
>
> dan FYI : ini proxy nya di buat brige ke modem adsl gpp kan Pak?

Bukannya kata anda memang sudah jadi bridge sejak awal?
Saya tidak tahu maksud anda mengapa proxy-nya ditaruh di mesin bridge
dan bukan di mesin router.

> saya takut mala akses LAN terganggu.

Dicoba saja pak, saya sendiri kalau mencoba ya harus menanggung ada
kenyamanan yang terganggu, tetapi setidaknya kita tahu jalan kembali
kan in case of bad thing happens ?

> dengan perintah di atas apakah akses dari internet (luar) bisa menuju lan?

Perintah iptables yg dimodifikasi itu hanya akan memaksa dari ip atau
network address tertentu yang di REDIRECT ke proxy.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com