2010/7/27 MYA Putra <yaspu...@yahoo.co.id>:

> Belajar Linux nggak usah ragu-ragu. Lakukan instalasi salah satu distro atau
> coba live CD seperti saran mas Gatot.
>
> Apa memang demikian? Sering install dapat merusak hardisk? Harus
> hati-hati...;-)
> Karena saya sering sekali instal distro. Mungkin sudah lebih dari 25 kali.
> Hardisnya umurnya sudah lebih dari 3 tahun namun syukur belum rusak.

Sering install bikin harddisk rusak? Ya udah, ga usah dipake
harddisknya, disimpan aja di lemari, pasti awet ga akan rusak.

Hari gini masih percaya urban legend seputar IT? Please deh.

Harddisk rusak itu adalah hal yang pasti. Google aja rata-rata
mengalami 1 harddisk rusak setiap hari. Itulah fungsi backup. Harddisk
rusak bisa dibeli, tapi data kalau ikut hilang, ga ada yang jual.
Minimal simpan data penting di 2 harddisk ditambah penyimpanan online.
Sekarang sudah ada ubuntuone gratis 2GB dan dropbox gratis 3GB up to
10GB. Pahami apa saja yang akan merusak harddisk, lalu hindari, maka
kemungkinan harddisk rusak akan kecil, tapi jangan terlalu yakin lalu
nekad tidak punya backup.

Back to topic. Banyak distro modern sudah menyediakan modus livecd
sehingga bisa dicoba dulu apakah semua hardware bisa dideteksi dengan
lancar atau tidak, sebelum diinstall ke harddisk. Modus liveCD juga
sangat bermanfaat untuk berbagai hal, seperti mengubah partisi,
recover data, recover password, dll. Silahkan manfaatkan sesuai
kebutuhan.

--
Donny Kurnia
http://www.linkedin.com/in/donnykurnia