On 07/26/2010 09:28 AM, kurniadi wrote:

> Saat ini hampir semua proc sudah 64bit, hampir soalnya masih ada yang
> 32bit misalnya intel atom N270, N280, soal adminitrasi troubleshooting,
> maintenance, performance sama saja versi 32 atau 64.  perbedaan signikan
> adalah kemampuan memory yang lebih dari 4GB. Kalo server nya mampu sampe
> memory 1Tb, system 64bit akan mampu mengenali nya tanpa masalah.
>
> Kurniadi

Sedikit tanggapan tentang limit RAM 4GB di mesin 32 bit. Jika punya
mesin 32 bit dan ingin memanfaatkan RAM 4GB ke atas, pastikan
menggunakan kernel dengan PAE support.

Inilah kehebatan kernel linux, sudah bisa menggunakan PAE sejak dulu. OS
tetangga bernama Windows XP tidak bisa memanfaatkan PAE, sehingga
limitasinya di mesin 32bit hanya bisa mengakses RAM 3GB.

http://en.wikipedia.org/wiki/RAM_Limit#32-bit_x86_RAM_limit

--
Donny Kurnia
http://www.linkedin.com/in/donnykurnia